Home

Prinsip belajar dan mendidik anak

 


Prinsip-Prinsip Belajar dan Mendidik Anak

1. Meniru

Anak belajar dari contoh (meniru). Mereka adalah peniru ulung. Keteladanan dari kedua orangtua menjadi sangat penting. Anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama orangtua, maka orangtualah yang paling sering ia lihat untuk ditiru. Untuk itu setiap perilaku orangtua akan menjadi contoh dan panutan baginya.

2. Belajar adalah Proses

Belajar adalah proses yang membutuhkan kesabaran dan waktu yang panjang. Bagi anak, untuk mempelajari satu hal tidak cukup hanya sekali lalu dia langsung bisa. Dibutuhkan pengulangan. Misalnya dalam hal menanamkan sikap hidup bersih dengan membuang sampah di tempatnya. Dibutuhkan pembiasaan secara konsisten berbulan-bulan bahkan bertahuntahun agar perilaku tersebut menjadi karakternya. 

3. Menyenangkan

Dunia anak adalah dunia bermain. Namun sejatinya setiap kali mereka bermain, mereka sedang belajar. Melalui bermainlah mereka belajar, karena hati mereka senang maka banyak hal yang mereka pelajari.

4. Bertahap

Tumbuh kembang seiring sejalan dengan bertambahnya usia anak. Setiap bertambah usia, maka kemampuan mereka juga bertambah. Anak belajar secara bertahap sesuai dengan usia dan kematangannya. Sebagai orangtua, perlu memberikan rangsangan yang juga sesuai dengan usia dan kematangannya.

5. Pengulangan

Dalam proses belajar, dibutuhkan pengulangan. Pengulangan adalah penguatan. Semakin sering anak mengulang pengalaman belajarnya, maka semakin kuat dia menguasainya. Maka dari itu salah satu metode yang paling efektif dalam proses belajar anak adalah pembiasaan. Terutama pembiasaan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. 


14 comments:

Saifudin Hidayat said...

Prinsip belajar dan mendidik anak artikel menarik dan perlu bagi pembaca untuk menambah referensi untuk menjadi lebih baik

SYAN7 said...

Terimakasih Mimin pantuan dan penjelasan Prinsip belajar dan mendidik anak sangat mudah saya pahami dan cukup bermanfaat.

skadavi9 said...

Mendidik memang bukanlah hal yang mudah, perlu pengetahuan mendalam tentang parenting dan psikologi anak.Terima kasih artikel ini cukup mencerahkan.

Bajakut said...

Buat edukasi mental orang tua untuk mendidik anak secara dini. Thanks informasinya min

Tsalits Faizah said...

Mendidik anak memang nggak gampang. Harus ekstra sabar. Caranya pun beragam dan tidak bisa disamaratakan.

COLDCLOVER said...

Mendidik anak tentunya tidak mudah, satu kata yang harus ditanamkan dalam persepsi orangtua "sabar". Ilmu yang ditanamkan melalui proses yang panjang hingga akhirnya dapat menbuat anak mengerti dan mengingat apa yang diajarkan.

Tulisan Penjahit Alamanda said...

Mendidik tanpa menggurui adalah cara mendidik anak yang sering saya lakukan.
Terima kasih blognya.

erykaditya said...

di depan anak kadang memang kita perlu ekstra hati2..sesuatu yang tidak kita maksudkan untuk ditiru malah tertanam di pikirannya..berkata dan bersikap baik didepan anak bisa jd salah satu poin positif untuknya

Denidoflamingo said...

Mendidik anak tidaklah mudah, perlu adanya ketekunan dan disiplin agar dapat mendidik anak yang berkualitas

Hidupintar said...

Artikel yang sangat informatif! Prinsip belajar dan mendidik anak adalah hal yang sangat penting dalam membentuk masa depan generasi muda. Artikel ini memberikan wawasan yang berharga untuk para orang tua dan pendidik.

CodeFlare said...

Mendidik anak yang utama adalah dari segi akhlak dan disiplin.

Tomy Tegar said...

anak-anak akan sangay mudah meniru dan mempelajari apa yang dia lihat, dengar atau rasakan dari orang lain dan lingkungan sekitar, maka dari itu ciptakan lingkungan kondusif yang membuat anak nyaman utk belajar di usia dini..

Dunia Kita du-ki.com said...

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah, sebagai orang tua kita perlu untuk memahami segala kebutuhan yang diperlukan anak dalam tumbuh kembangnya, yang paling penting berilah contoh sikap yang baik, karena dari sikap dan tingkah laku yang kita lakukan, itu yang akan menjadi patokan yang di contohi anak kita. apa yang kita lakukan itu juga yang nantinya akan dilakukan anak kita. Untuk memperdalam pemahaman cara mendidik anak dengan baik, ijinkan saya untuk berbagi tips dari artikel saya yang berjudul "Tips Cara mendidik anak dengan baik dan efektif"
Semoga bemanfaat baik.

Admin said...

penjen jadi pengusaha tp gak kejadian yang penting sukuri apa yang ada

Pemanggilan test wawancara bagi peserta yang lolos seleksi administrasi rekrutmen kpps desa randuagung

 Panitia seleksi rekrutmen kpps telah mengeluarkanPengumuman hasil seleksi administrasi rekrutmen calon kpps, dan bagi peserta yang lolos ta...